Evaluasi Kinerja Posko Agar Penanganan Covid 19 Dari Hulu Ke Hilir Berjalan Baik

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito

Satgas Penanganan COVID-19 meminta setiap Pemerintah Daerah (Pemda) mengevaluasi kinerja posko di masing-masing desa dan kelurahan. Disamping itu, masyarakat pun perlu ikut berpartisipasi agar implementasi kebijakan dapat berjalan baik di lapangan.

“Pada prinsipnya penanganan COVID-19 yang baik ialah yang menjangkau dari hulu sampai hilir sumber penularan COVID-19,” Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers, Selasa (28/12/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat.

Saat ini kebijakan pengendalian COVID-19 yang masih terus diterapkan ialah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) levelling per kabupaten/kota. Dimana di dalamnya pun tetap menghimbau pemerintah kabupaten/kota menindaklanjuti penerapan PPKM Mikro dan operasionalisasi Posko pada Desa/Kelurahan di bawahnya.

Konsep micro lockdown merupakan bagian dari PPKM Mikro di tingkat RT dan tetap diatur dalam instruksi menteri dalam negeri untuk membatasi kegiatan masyarakat secara ketat.

“Untuk itu, dalam implementasinya perlu kembali mengevaluasi kinerja posko termasuk pencatatan dan pelaporan kasus,” tegas Wiku.

Wiku juga mengatakan bahwa saat ini perjuangan menghadapi COVID-19 belum selesai meskipun tahun 2021 segera berakhir. Hadirnya tahun 2022 yang akan datang hendaknya menjadi harapan agar pandemi COVID-19 dapat terkendali dan dapat segera diakhiri.

“Perjuangan kita belumlah berakhir, namun hendaknya kita menyambut tahun baru 2022 dengan doa dan harapan bahwa di tahun mendatang, kasus COVID-19 di Indonesia dan dunia dapat semakin terkendali,” Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19, Selasa (28/12/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Tak lupa rasa terima kasih dihaturkan kepada seluruh elemen masyarakat yang telah dengan gigih berjuang melawan pandemi selama satu tahun terakhir. Bentuk perjuangan masing-masing elemen masyarakat tentunya berbeda.

Ada yang secara langsung turun sebagai tenaga kesehatan, rekan-rekan media yang menyampaikan perkembangan kasus tanpa lelah, dan masyarakat umum yang menjadi contoh bagi orang-orang di sekitarnya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

“Apapun bentuknya, kerja keras masyarakat untuk saling menjaga dan membantu satu sama lain selama masa-masa sulit ini merupakan bagian dari perjuangan yang sangatlah berarti,” pungkas Wiku.

Be the first to comment on "Evaluasi Kinerja Posko Agar Penanganan Covid 19 Dari Hulu Ke Hilir Berjalan Baik"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


X