Manifesto Rekan Indonesia

Bahwa sesungguhnya upaya mewujudkan keadilan sosial, melindungi segenap tumpah darah Indonesia serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan Melaksanakan ketertiban dunia, berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi & keadilan sosial ; telah dirumuskan para pendiri Republik Indonesia, dengan mengacu ideologi Pancasila yang telah dituangkan dalam naskah Pembukaan Undang-undang dasar  1945.

Perwujudan cita-cita yang telah menjadi alasan keberadaan Republik Indonesia tersebut menuntut keterlibatan berbagai kekuatan bangsa, sekaligus merupakan hak dan tanggung jawab seluruh rakyat. Warga Negara sebagai generasi penerus memiliki peran strategis dalam menjaga kesinambungan cita-cita bapak pendiri Republik dari segenap ancaman –baik internal maupun eksternal yang hendak membelokkan arah dan tujuan bangsa ini sebagaimana tercakup dalam naskah Pembukaan UUD 1945.

Bahwa sesungguhnya globalisasi yang menjadi realitas sejarah  Abad ke-21 ini potensial menjadi ancaman bagi keberlangsungan cita-cita bapak pendiri Republik, karena telah menggerus sendi-sendi kehidupan sosial bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan watak dasar dari globalisasi adalah liberalisasi, dimana semua bidang sedapat mungkin dibuka seluas-luasnya demi masuknya kepentingan global tersebut.

Termasuk juga di bidang kesehatan dimana hak sosial rakyat tengah dihadapkan pada upaya meminggirkannya ke jurang kegelapan, yang akan menyebabkan merosotnya tingkat kehidupan rakyat sehingga menyebabkan tercabik-cabiknyakedaulatan bangsa dihantam oleh proses liberalisasi anak kandung dari globalisasi.

Bahwa ditengah ancaman globalisasi, bangsa ini juga tengah dihadapkan pada bahaya lainnya yaitu bahaya bencana alam dan penyakit. Sehingga butuh sebuah gerakan yang dapat mendorong terciptanya kesadaran rakyat untuk dapat secara mandiri dan berperan aktif dalam mempertahankan dirinya dari ancaman-ancaman tersebut di atas, dengan kembali menghidupkan rasa saling peduli, kegotongroyongan dan persatuan.

Dengan demikian, kami khususnya Warga Negara  yang  tergerak untuk berjuang dilahan kemanusiaan dengan berkaca pada realitas perjalanan bangsa ini, bertekad mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang tercakup dalam naskah pembukaan UUD1945 itu, dengan membangun organisasi kemasyarakatan yang selanjutnya dinamakan Relawan Kesehatan Indonesia(REKAN Indonesia) dalam rangka berperan aktif dalam upaya peningkatan derajat kesehatan bangsa.

Bogor, Jawa Barat, 10 Desember 2011

X