Rekan Indonesia Jatim Serukan Pemkot Dan Pemkab Kompak Atasi COVID-19

Ahadian Dicky Prasetyo, Ketua KPW Rekan Indonesia Jatim
Ahadian Dicky Prasetyo, Ketua KPW Rekan Indonesia Jatim

REKANINDONESIA.ORG. NGANJUK- Tambahan kasus positif COVID-19 di Jawa Timur terus melonjak. Pada Minggu (15/6/2021), ada tambahan 499 kasus baru COVID-19 Jatim. Pasien meninggal tambah 43. Sembuh bertambah 250 , sementara kasus aktif 206.

Satgas Penanganan Covid-19 mengungkap data lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia minggu ini. Lima provinsi teratas dengan kenaikan kasus ada di Pulau Jawa.

“Lima provinsi teratas yang mengalami kenaikan kasus seluruhnya berasal dari Pulau Jawa yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Bahkan provinsi keenam teratas juga berasal dari pulau Jawa yaitu provinsi Banten, yaitu kenaikan kasus lebih dari 400 hingga 7.000 kasus di minggu ini,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam siaran YouTube BNPB, Selasa (15/6/2021).

Wiku mengatakan kenaikan kasus itu terjadi di daerah tujuan mudik. Kasus juga meningkat di daerah asal pemudik, yaitu DKI Jakarta.

“Kenaikan kasus pada minggu ke-5 pasca periode Idul Fitri ini jelas terlihat pada daerah tujuan mudik seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Banten dan Jawa Barat, serta daerah yang menjadi asal pemudik yaitu DKI Jakarta,” jelasnya.

Ahadian Dicky Prasetyo, ketua Kolektif Pimpinan Wilayah (KPW) Rekan Indonesia Jawa Timur mengatakan Kenaikan kasus ini menunjukkan kekhawatiran. Dicky meminta agar pemerintah daerah kompak bersama gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam mengatasi kenaikan angka Covid-19 di Jatim, selain itu Dicky juga meminta warga mengikuti pembatasan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Patut menjadi perhatian bagi pemerintah daerah serta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan segera menetapkan strategi pengendalian kasus yang sesuai dengan kondisi dan kapasitas masing-masing daerah. Terpenting semua kompak dalam mengatasi masalah kenaikan angka Covid-19 di Jatim” ujar Dicky dalam keterangan persnya kepada media di Nganjuk, Jatim.

Dicky menambahkan, angka Rate Transmision (RT) atau rasio penularan Covid 19 di Jawa Timur melonjak drastis menjadi 1,2.  Kondisi itu diprediksi akan mengakibatkan kasus harus harian Covid 19 akan meningkat dua kali lipat pada dua minggu kedepan.

“Sekali lagi kami (Rekan Indonesia-red) mengingatkan agar semua elemen harus bersatu untuk menangani melonjaknya kasus Baru covid 19 di Jatim.” kembali Dicky mengingatkan.

Be the first to comment on "Rekan Indonesia Jatim Serukan Pemkot Dan Pemkab Kompak Atasi COVID-19"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


X